Rabu, 30 Desember 2015

Internet Bagi Seorang Public Relations



Di era modern ini, banyak orang yang menggunakan internet sebagai alat yang baik untuk kepentingan umum maupun pribadi. Internet merupakan salah satu media yang berguna untuk melakukan hubungan pers karena internet mudah diakses kapanpun dan dimanapun. 

Apa itu Hubungan Pers???

Hubungan pers adalah usaha untuk mencari publikasi atau penyiaran yang maksimum atas peran PR dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak. (Frank Jefkins : 2000).
Publikasi atau penyiaran erat hubungannya dengan kegiatan seorang PR (Public Relations). Seorang PR harus selalu melakukan kegiatan – kegiatan yang bersifat publikasi ataupun penyiaran untuk mengatur strategi pemasaran. Media Internet berkembang begitu pesat dan semakin banyak berpengaruh pada hubungan-hubungan di berbagai kalangan. Ini menjadi keuntungan sekaligus tantangan bagi seorang PR perusahaan/organisasi untuk melakukan hubungan pers kepada semua pihak dengan mengandalkan media Internet tersebut. 

Seorang PR dituntut tidak hanya menjadi seorang juru bicara bagi perusahaan yang dia wakili, tetapi seorang PR juga harus dapat membangun suatu hubungan baik dengan khalayak terutama partner perusahaan tersebut. Hubungan baik yang tercipta nantinya akan memberikan respon positif bagi perusahaan. 

Salah satu media dalam Internet adalah Media Sosial.

Media Sosial adalah sebuah sarana berhubungan sosial yang menjadi media untuk berkomunikasi, berinteraksi bahkan berbagi di dunia maya (Internet). Media Sosial atau media online dapat sangat bermanfaat bagi seorang PR karena seorang PR dapat menjalin relasi, mengelola, maupun memelihara reputasi melalui pendekatan yang dinamakan cyber-PR.

Seluruh kegiatan PR dapat dilakukan di Internet, seperti melakukan hubungan dengan pengguna informasi, melakukan kegiatan publikasi, bahkan kegiatan management kehumasan pun dapat dilakukan di Internet. Dengan demikian, hal ini menjadikan kegiatan kehumasan menjadi lebih fleksibel dilakukan bila melalui jaringan Internet dibandingkan dengan melakukan kegiatan – kegiatan atauprogram yang dilakukan secara langsung dapat menguras budget yang sangat tinggi. Untuk meminimalisir hal tersebut maka media Internet menjadi pilihan terbaik bagi seorang PR. 

Seorang praktisi PR harus dapat berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan melalui berbagai media. Melalui perkembangan Teknologi khususnya media Internetdapat memudahkan praktisi PR dalam menjalin komunikasi terhadap publik melalui tulisan maupun lisan di situs web perusahaan, di blog, maupun di berbagai jejaring sosial lainnya yang berkaitan dengan perusahaan dan dapat meningkatkan citra positif bagi sebuah perusahaan. 

Manfaat Internet bagi seorang PR :

1. Multi Media
                Seorang PR dapat menyajikan berbagai informasi kepada khalayak melalui berbagai sarana media baik tulisan, gambar, audio, bahkan visual dalam satu kesatuan.

2. Tanpa Batas
                Seorang PR dapat berkomunikasi melalui jejaring Internet tanpa adanya batasan komunikasi, melalui Internet mereka dapat terhubung ke bermilyar pengguna untuk melakukan komunikasi. 

3. Aktual
                Seorang PR harus melakukan aktivitas komunikasi yang aktual. Melalui internet PR dapat secara cepat memberikan informasi secara cepat pada publik di seluruh dunia.

4. Interaktif
                Melalui media Internet memungkinkan seorang PR dapat menjalin mkomunikasi dua arah, karena publik dapat memberikan umpan balik secara langsung terhadap berbagai kegiatan PR di internet dengan cepat.

5. Ekonomis
                Seorang PR dituntut unutuk melakukan komunikasi dengan jangkauan yang sangat luas, dengan menggunakan intenet, seorang PR dapat melakukan kegiatan komunikasi kepada publik yang sangat luas bahkan seluruh dunia dengan hemat dan cepat.

Membangun citra positif bagi perusahaan adalah hal yang sangat penting dari kegiatan seorang PR. Hal ini dapat dilaksanakan dengan baik melalui media internet dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, namun menurut Ardianto dalam bukunya, keberhasilan itu juga tergantung pada siapa publiknya, bagaimana strategi yang digunakan, dapat tidaknya mempengaruhi, dan kemampuan perusahaan membina hubungan baik agar perusahaan dengan publik semakin dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar